jump to navigation

Mencicipi Fruit Wine Agustus 22, 2007

Posted by Dadi Krismatono in Kuliner.
trackback

WINExperience pada tanggal 3 Agustus 2007 yang lalu sangat adventurous: mencicipi wine yang dibuat dari buah-buahan selain angur. Pembuatnya adalah Bapak Mike J. Goodwin, orang Inggris yang sudah cukup lama tinggal di Indonesia dan hobi menuat fruitwine.

Mike J. Goodwin Mike J. Goodwin

Latar belakang Pak Mike cukup komplit: petinju, militer, akuntan, ahli matematik, konsultan dan kini menjadi dekan sebuah kolese internasional di Jakarta. Hobi dan passion membuat fruit wine ditunjukkan dengan kerelaannya mengusung beberapa property seperti ember, selang, berbagai jenis yeast dan tablet-tablet lainnya, hidrometer serta benda-benda yang mengingatkan kita pada lab di SMA dulu (maklum, kuliah saya ilmu sosial).

fruit_wine-peralatan.jpg

Sebagian peralatan membuat fruit wine

Pak Mike menyiapkan presentasi yang cukup serius. Dijelaskan bahwa pada dasarnya semua buah bisa dijadikan wine. Proses fermentasi akan mengubah gula menjadi alcohol. (Duh, para ahli kimia-nya JS, tolong dikoreksi ya kalo salah). Kenapa buah anggur paling enak dibuat wine? Karena di dalam buah anggur kadar gula, keasaman, aroma, cita rasanya sangat kaya dan cocok untuk diolah menjadi minuman beralkohol yang nikmat. Memang, ketika mencicipi fruit wine, sensasi yang pertama tertangkap adalah “tipis”, baik dari segi rasa maupun aroma, juga intensitas pada palate.

Pak Mike menekankan ke-steril-an peralatan yang digunakan. Setelah proses awal yang meliputi penambahan pektinase dan gula pada jus buah, penambahan nutrien ragi, ragi dan asam serta proses lainnya, fruit wine akan bertapa untuk berfermentasi selama 8-9 bulan dan setelah itu masih disimpan beberapa bulan lagi sebelum disajikan.

Botol pertama yang dibuka adalah Mangga yang difermentasi pada bulan Oktober 2003. Usia wine ini beda tipis sama usia milis JS! Seperti sudah saya sampaikan, sensasi pertama yang menyapa indra adalah tipisnya aroma dan cita rasa. Tidak akan Anda temui sensasi succulent apalagi tannic yang melimpahi palate. Aroma fruity melayang-layang di rongga mulut dan hidung. Tapi, hati-hati, kadar alcohol sekitar 14% loh!

fruit_wine-botol2.jpg

Fruit wine in action.

fruit_wine-botol1.jpg

Mangga yang difermentasi dengan ragi Burgundi tahun 2004 menjadi favorit peserta malam itu. Jangan-jangan karena ada embel-embel Burgundy-nya ya?? Kalau disebutnya mangga dengan ragi Boyolali mungkin responnya lain.. he he he… Tapi memang terasa lebih punya bobot dan spectrum rasa.

Selain itu, ditampilkan Bit & Jahe (November 2005) yang terasa hangat di mulut, Apel & Seledri (Agustus 2005), Rambutan (Januari 2005) yang masih terasa rambutan plus sedikit srwing-sriwing dari alkoholnya, dan Kurma & Brandy (non-vintage) yang manis, sedikit lengket di mulut dengan aroma brandy yang cukup kuat serta Jambu Biji (Januari 2005). Ada beberapa yang tidak terdeteksi karena label botol yang luntur karena terkena air waktu di-chill, seperti beras atau santan yang sebenarnya bikin penasaran. Pak Mike sempat bilang dia akan mencoba bikin fruit wine dari cabe!

Ada satu hal yang saya catat bahwa semua fruit wine yang disajikan memiliki aftertaste yang mirip. Mungkin karena intensitas pada palate-nya hampir serupa, sehingga aftertaste-nya pun sama.

Sambil menghilangkan lelah karena macet gara-gara kampanye gubernur, kami pun menikmati santap malam. Ada nasi goreng nanas dan ayam bumbu Bali. Juga beberapa wine “biasa” menemani. O ya, ada bandeng goreng bikinan Ifan Chan yang asyik punya (Makasih ya, Ifan). Yohan membagi Cloudy Bay Chardonnay yang nota bene adalah salah satu wine terbaik dari New Zealand. Hmm…

Mencicipi fruit wine memberi saya pelajaran tentang begitu luasnya pengembaraan yang disediakan oleh jagat kuliner.

Komentar»

1. infogue - Juni 10, 2008

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/mencicipi_fruit_wine


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: